Home > sekolah kita, Uncategorized > Catatan dari Kami, Buat Sekolah Ini

Catatan dari Kami, Buat Sekolah Ini

Enam belas tahun sudah sekolah ini berdiri. Terlahir dengan nama SMA Negeri 2 Ciputat as known as VCR, sekolah yang lokasinya di Pondok Ranji ini adalah sekolah tempat kami menuntut ilmu dan nyiapin bekal untuk kehidupan. Enam belas tahun bukan waktu yang singkat. Kalo diitung ke bulan, yaaaaa kira-kira sekolah ini udah berjalan ke bulan 192 dan hari ke 5.740 (ini kira-kira loh). Udah lama juga kan berarti. Enam belas tahun perjalanan sekolah ini dilalui dengan perjuangan dan kerja keras. Dulu pas tahun-tahun pertama sekolah ini berdiri, mungkin akses ke Pondok Ranji gak seperti sekarang. Dulu mungkin sekolah ini juga gak banyak dilirik sama orang-orang. Mungkin juga banyak yang under-estimate sama VCR. Under estimate sama lokasi sekolahnya, sama anak-anaknya, atau mungkin bahkan sama nama sekolahnya aja orang udah under-estimate duluan.

Sekarang dengan pergantian nama dari SMAN 2 Ciputat jadi SMAN 4 Tangerang Selatan, apakah image itu sudah terganti? Atau sama aja? Atau justru malah makin menurun?

Enam belas tahun berjalan. Di ulang taun kali ini, bukan berarti kita cuma memperingati, nyanyi lagu Happy Birthday terus tepok-tepok tangan, lomba-lomba lalu hura-hura dan gak fokus sama tujuan intinya. Yang harus sama-sama kita cermatin sebagai warga VCR adalah: Gimana membangun image yang bagus terhadap sekolah ini? Gimana caranya menghapus stereotype orang-orang tentang sekolah negeri di Tangerang, yang kadang-kadang suka diperbandingkan dengan sekolah seberang, misalnya sekolah DKI? Gimana caranya supaya sekolah ini tetep terjaga kebersihannya. Gimana caranya supaya sekolah kita ini dianggap sebagai sekolah jagoannya se Tangsel. Gimana hayooooooo?

Nah… di ulang taun kali ini, kami selaku rakyat XII IPS 1 angkatan tahun 2011 punya wishes list yang gak muluk-muluk kok. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa terwujud ya. Amiiiiin.

1.      Sekolah kita jadi sekolah unggulan dan nomor satu di Kota Tangerang Selatan.

2.      Gak akan ada lagi pemandangan danau (dadakan) ketika ujan tiba.

3.      Kantin vcr jadi bersih, bebas dari mahluk-mahluk kecil yang suka berterbangan yang rada ganggu acara makan.

4.      Tiap kelas lantainya bersih dan bebas sampah. (untuk yang ini, kayaknya butuh perjuangan yeeee…)

5.      Lapangan bola di deket kantin cepet kelar, dan gak banyak kodok lagi. Haha-_-*

6.      Guru-guru makin baik dan makin canggih ngajarnya.

7.      Sekolah kita jadi sekolah favorit; banyak lulusan SMP berebut pengen jadi murid di SMAN 4 Tangerang Selatan.

Semua harapan-harapan tadi bakalan cuma sekadar harapan kosong, kalo kitanya sendiri sebagai warga VCR diem aja gak ngapa-ngapain. Kalo kata Slank, “LOE HARUS GRAK!”

Bener banget. Kalo cuma nyusun wish list dan merangkai kata-kata visi  misi, itu mungkin mudah. Tapi gimana mewujudkannya? Ya caranya, sama-sama saling jaga nama baik sekolah. Salah satu halnya: Jaga kebersihan sekolah. Buat para siswa nih, ayo dong jangan pada mager! A.k.a males gerak keluar kelas buat buangin sampah. Kalo dalam sehari, satu orang buangin satu sampah permeeeen aja deh ibarat kata, nah murid VCR kan ada seribuan orang tuh ya kira-kira. Jadi sehari ada seribu sampah dong? Yakaaaaali gitu amat kotornya. Ini baru ibarat kata dari sampah permen ya. Sampah yang kecil.

Itu semua kan BERSAMA KITA BISA.

Kalo buang sampah secara bersama-sama, kita bisa. Bisa apa? Bisa menghanyutkan sekolah ini. Bisa bikin image sekolah kita jelek, karena tiap kali ujan itu pasti, selalu dan gak pernah gak kebanjiran.

Itu kan hal yang jelek.

Nah siapa sih yang mau yang jelek-jelek? Balik lagi ke slogan terkenal tadi, BERSAMA KITA BISA. Kalo kita bersama-sama, bareng-bareng punya komitmen yang jelas, dan komitmen untuk bikin sekolah ini jadi sekolah unggulan, mulai aja dari kebersihan. Jaga kebersihan itu kan gak perlu keluar biaya, yegak? Setelah kebersihan terjaga dengan semestinya nah otomatis semua hal lainnya bakal ngikutin dengan mudahnya.

Anyway, bagaimana pun sekolahnya, dengan segala sisi plus dan minusnya. Kami tetep bangga sebagai murid di sekolah ini. Waktu kami sebagai anak kelas XII tinggal 3 bulan lagi (insya Allah) untuk stay disini dan ngabisin sisa-sisa waktu kami sebagai putabuers (re: putih abu-abuers). Kami pengen sekolah kami ini kelak bakal jadi sekolah idaman para lulusan SMP. Dan kami YAKIN kalo kita semua usaha bersama, sekolah ini bakal jadi sekolah JAGOAN!!!!!!!!

And last but not least, kami pengen ngucapin :

……………..Happy birthday,

Happy birthday.

Happy birthdaaaay, to our BELOVED school!

Semua pasti bisa kalo kerja keras bersama. Take the real action deh pokoknya!

CATATAN SEDERHANA DARI KAMI BUAT SEKOLAH INI. Ditulis oleh siswa-siswi XII IPS 1 SMAN 4 Tangerang Selatan; angkatan tahun 2011. Diatas kesadaran, tanpa paksaan. Hehe

  1. No comments yet.
  1. December 22, 2010 at 6:19 am

Leave a comment